Laman

5 Tips Perawatan Kesehatan Jiwa Anda

Berbicara tentang perasaan Anda akan dapat membantu Anda tetap dalam kesehatan jiwa yang baik dan dapat  menghadapi saat-saat ketika Anda merasa terganggu atau tidak nyaman. Berbicara tentang perasaan bukanlah tanda bahwa Anda lemah. Ini adalah bagian dari proses membangun perasaan sejahtera dan melakukan apa yang dapat membuat Anda tetap sehat.
Berbicara tentang perasaan dapat menjadi cara untuk mengatasi masalah  yang sudah Anda pendam selama ini. Hanya dengan didengarkan, sudah dapat membantu Anda merasa bahwa ada orang yang mendukung Anda dan Anda merasa tidak sendiri.
Memang tidak selalu mudah untuk dapat menggambarkan perasaan Anda. Jika Anda tidak dapat mengungkapkannya dengan satu kata, ungkapkanlah dengan dengan cara Anda sendiri. Apa yang Anda rasakan di benak Anda? Apa yang membuat Anda ingin melakukannya?
Anda tidak perlu melakukan percakapan khusus dengan orang yang Anda cintai untuk membicarakan perasaan sejahtera Anda. Banyak orang merasa lebih nyaman ketika percakapan ini berkembang secara alami - misalnya ketika Anda sedang melakukan sesuatu secara bersama-sama.  Jika awalnya anda merasa canggung, berikan waktu agar Anda berbicara tentang perasaan Anda.
Para ahli mempercayai bahwa latihan fisik dan berolahraga dapat melepaskan bahan kimia dalam otak yang  membuat Anda merasa nyaman. Latihan fisik teratur dapat meningkatkan harga diri dan membantu Anda berkonsentrasi, tidur, serta melihat dan merasakan segala sesuatu dengan lebih baik. Latihan fisik juga dapat membuat otak dan organ vital lainnya menjadi sehat.
"Saya mendapatkan cedera berat ketika sedang bekerja. Beberapa waktu kemudian, kaki saya sakit, tapi saya tetap dapat tersenyum"
Latihan fisik tidak hanya berarti melakukan olahraga atau pergi ke gym. Berjalan-jalan di taman, berkebun atau melakukan pekerjaan rumah tangga juga dapat membuat Anda tetap aktif.  Para ahli mengatakan, kebanyakan orang perlu melakukan latihan selama sekitar 30 menit setidaknya lima hari dalam seminggu. Cobalah lakukan latihan fisik yang membuat Anda merasa senang.
Ada hubungan yang erat antara apa yang kita makan dan bagaimana perasaan kita,  misalnya, kopi dan gula dapat memiliki efek langsung. Tapi makanan juga dapat memiliki efek jangka panjang terhadap kesehatan jiwa Anda. Otak Anda membutuhkan campuran nutrisi untuk tetap sehat dan berfungsi dengan baik, sama seperti organ-organ lain dalam tubuh Anda.
Diet yang baik bagi kesehatan fisik Anda juga baik untuk kesehatan jiwa Anda. Diet seimbang yang sehat mencakup:
  • banyak mengkonsumsi berbagai jenis buah dan sayuran
  • sereal atau roti gandum
  • kacang-kacangan dan biji-bijian
  • produk susu
  • minyak ikan dan
  • minum air putih yang banyak
Makanlah setidaknya 3 kali setiap hari dan minumlah air putih yang banyak, tapi jangan terlalu banyak minuman yang mengandung alkohol. Cobalah untuk membatasi konsumsi kopi  atau minuman manis.  Saran ini tidak berlaku jika dokter atau ahli gizi Anda memberi saran makanan tertentu, misalnya jika Anda seorang pasien dengan gangguan ginjal atau kencing manis.
Orang sering mengkonsumsi minuman beralkohol untuk memperbaiki suasana hati (mood). Beberapa orang mengkonsumsi alkohol untuk mengatasi rasa takut atau kesepian, tetapi efek itu hanya bersifat sementara. Ketika minuman habis, Anda merasa lebih buruk karena gejala putus alkohol akan mempengaruhi otak Anda dan seluruh tubuh Anda. Minum minuman beralkohol bukanlah cara yang baik untuk mengatasi perasaan yang tidak nyaman dan sulit.
Selain merusak, terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol dapat membuat tubuh anda membutuhkan lebih banyak alkohol untuk dapat merasakan  pengaruhnya.
Banyak orang merokok atau menggunakan obat atau bahan adiktif lainnya untuk mengubah apa yang mereka rasakan. Tapi, sekali lagi, ini adalah efek sesaat. Sama seperti alkohol, semakin banyak yang Anda gunakan, semakin Anda menginginkannya. Nikotin dan obat-obatan tidak dapat mengatasi penyebab dari perasaan yang sulit. Mereka tidak  dapat memecahkan masalah, tapi mereka dapat membuat masalah.



"Hanya berkumpul  dan tertawa dengan teman-teman, saya dapat merasa senang dan bahagia."
Ikatan keluarga yang kuat dan teman-teman yang mendukung dapat membantu Anda mengatasi stres dalam kehidupan. Teman dan keluarga dapat membuat Anda merasa dilibatkan dan diperhatikan. Mereka dapat menawarkan pandangan yang berbeda dari apa yang ada di dalam benak Anda. Mereka dapat membantu Anda tetap aktif  dan membantu Anda memecahkan masalah.
Tidak ada yang lebih baik daripada bertatap muka dengan seseorang, tapi hal itu tidak selalu dapat dilakukan. Saat ini banyak cara yang dapat dilakukan agar tetap berhubungan dengan seseorang seperti menelepon, berkirim surat, pesan singkat melalui SMS dan pesan melalui Blackberry, chatting, Skype serta melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter dan lain-lain. Prinsipnya kita harus tetap dapat menjaga agar jalur komunikasi tetap terbuka. Ini baik untuk kesehatan jiwa Anda!
Anda akan merasa puas bila bekerja pada hubungan yang membuat Anda merasa dicintai atau dihargai. Tapi jika Anda berpikir bahwa berada disekitar orang-orang akan dapat merusak kesehatan jiwa Anda, mungkin lebih baik Anda menyingkir sebentar dari orang-orang tersebut dan menghentikan aktivitas Anda. Mungkin juga untuk mengakhiri hubungan dengan cara yang dianggap baik bagi kedua belah pihak.
Hal ini dapat menyebabkan kesulitan untuk mengatasi ketika seseorang yang dekat dengan Anda meninggal atau Anda kehilangan mereka karena sesuatu hal. Konseling pada saat kehilangan dapat membantu Anda untuk memahami perasaan Anda.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar